Opening Hours Mon to Fri - 10.00 AM to 7.00 PM
Sat - 10.00 AM to 4.00 PM
Kontak Kami Telp : 021 - 8649051, 8649053, 8649059 ext. 2004 Fax : 021 - 8649052
Email karir@mail.unsada.ac.id

Seminar Pengembangan Karir untuk Mahasiswa

1. Seminar EQ dan Communicasion Skill

Program pertama yang dilaksanakan yakni Seminar EQ dan Comunication Skill pada hari Rabu 12 Juli 2017. Seminar tersebut dihadiri sebanyak 30 peserta dari perwakilan mahasiswa dan mahasiswi dari 14 jurusan yang ada di Universitas Darma Persada. Seminar tersebut mengusungkan tema “Success Through Enhancing Your Positive Energy” dengan pembicara yang dihadirkan yaitu Bapak Muhammad Moulya S.S.

Adapun pentingnya Kemampuan komunikasi yakni sebagai bentuk dari kecerdasan emosi (EQ, Emotional Quotient). Komunikasi yang merupakan hal penting dalam berinteraksi dengan orang lain, tidak hanya dibutuhkan kemampuan berbicara saja, tetapi juga dibutuhkan pendekatan dengan teman bicara, kecakapan persuasi dan menghindari resistensi dalam menyampaikan maksud yang diinginkan dengan mudah, meyakinkan dan diterima oleh teman bicara.

Maka tujuan dari diadakannya acara ini untuk dapat mengajarkan para perwakilan mahasiswa dan mahasiswi setiap jurusan baik pada tingkat pendidikan S1 maupun D3 dalam memperbaiki proses komunikasi untuk memulai terjun di dalam dunia kerja dan lebih cepat serta tanggap dalam melatih emotionalnya didalam lingkungan kerja.

 

 

2. Pelatihan pembuatan CV dan etika dalam wawancara

Program kedua yang dilaksanakan yakni seminar Pelatihan Pembuatan CV dan Wawancara yang telah dilaksanakan pada hari Rabu 19 Juli 2017. Materi seminar pelatihan ini dibawakan oleh Mariana Rista A. S.Sos ., M.I., Kom dengan mengusung tema “Career Preparation , Prepare Yourself Start from Now “. Dalam seminar pelatihan tersebut para mahasiswa dan mahasiswi Unsada diajarkan mengenai format yang perlu diperhatikan dalam pembuatan CV, membuat cv lebih sepesifik berdasarkan tujuan yang ada pada posisi bidang serta keterampilan serta cara bagaimana memenangkan suatu wawancara kerja.

3. Grooming oleh PT Paragon Technology and Innovation (WARDAH)

Program ketiga yang telah dilaksanakan oleh Unsada Career Center yaitu Grooming oleh Wardah Cosmetics. Acara ini menghadirkan pemateri dari pihak brand Wardah Cosmetics yaitu Ibu Irly Rachamwati dengan tema “Career Preparation”. Para mahasiswa dan mahasiswi Unsada diajarkan juga diberikan pengetahuan akan pentingnya penampilan diri dalam dunia kerja dan juga kuantitas diri sebagai pekerja.

Grooming oleh Wardah diadakan pada tanggal 19 Juli 2017 dengan dihadiri oleh para mahasiswa/i dengan berbagai jurusan dan latar belakang pendidikan S1 dan D3. dengan harapan peserta lebih memperhatikan bagaimana cara beretika dalam berpakaian di lingkungan kerja.

 

4. Persiapan dalam menghadapi psikotest

Program keempat ini diadakan pada tanggal 19 Juli 2017 dengan pengisi materi oleh Ibu Mirvia Inggrini S.Psi., program ini bertujuan untuk mempersiapan calon peserta pencari kerja dalam menghadapi psikotes kerja. Psikotes dalam dunia kerja diadakan dengan bertujuan menguji, mengukur kapasitas kecerdasan, dan atau kinerja/prestasi individu dalam menyelesaikan tugas tertentu. Tes psikologi merupakan salah satu bagian dari Assemen Psikologi yang dilakukan berbagai perusahaan dalam langkah awal tes perekrutan pegawai.

 

 

5. Seminar magang, bekerja dan berkarir

Program ketujuh yang dilaksanakan yakni Kunjungan Industri. Kunjungan tersebut diadakan pada hari Rabu 20 September 2017 yang bertempat di PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia. Kunjuan ini diadakan dengan memgikutsertakan lebih kurang 20 mahasiswa mahasiswi dari perwakilan 14 jurusan yang ada.

Kegiatan Kunjuangan Industri di awalai dengan tour keliling pabrik seperti bagian casting, division dies, jig manufacturing, dan stamping production division. Didampingi oleh para ahli. Mengenalkan cara pembuatan mesin dan bagian-bagian dari tubuh mobil. Dengan berjalannya kegiatan ini, kami harap peserta dapat mengetahui proses terbentuknya sebuah mobil, mengenali lingkungan kerja industri

 

6. TOEIC Preparation

Persiapan TOEIC ini adalah program berlanjut dari Hibah Pusat Karir dan Alumni. TOEIC merupakan singkatan dari Test of English for International Communication. TOEIC digunakan untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris penutur non-Bahasa Inggris dalam penggunaan Bahasa Inggris sehari-hari di lingkungan kerja internasional.

Persiapan TOEIC ini diadakan pada hari selasa 19 September 2017 yang di hadiri 20 peserta dari perwakilan mahasiswa dan mahasiswi Universitas Darma Persada. Pengisi materi oleh dosen dari Unsada jurusan Sastra Inggris Bapak  Juliansyah M.Pd , adapun materi yang disampaikan berupa tips dan juga trik dalam menghadapi TOEIC. Dengan berjalannya kegiatan ini harapan kami agar para calon wisudawan dapat mampu mengaplikasikan TOEIC dilingkungan kerja